Definisi Tab, Ribbon, dan Group dalam istilah Office 2010

Suatu ketika ada seorang teman membeli Laptop baru, di dalamnya telah terinstal program-program yang serba baru, tak terkecuali program office juga memakai versi baru yakni office 2010. Karena terbiasa memakai program lama maka kebingunganpun tak terelakkan ketika membuka pengolah kata Microsoft Word 2010. Bahkan untuk menyebutkan menu yang tertempel di bagian atas pun tidak tahu harus memakai sebutan apa.

Nah di sinilah kita baru merasakan betapa pentingnya membaca. Beruntung sebelum kejadian tersebut menimpa diriku, aku telah mengetahui di internet terlebih dahulu. Agar kejadian memalukan tersebut tidak menimpa anda, ada baiknya anda mengetahui apa itu Tab, Ribbon, dan Group. Karena istilah ini merupakan ilmu dasar bagi para pengguna office 2010.
Tab adalah sederetan menu yang ditandai dalam bentuk teks. Tab terdiri dari tab File, Insert, Page Layout, References, Mailings, Review, View, Add-Ins. Ribbon adalah sekumpulan menu yang terdapat di dalam setiap Tab. Sedangkan Group adalah sekumpulan atau kelompok menu dalam tiap Ribbon yang memiliki kesamaan fungsi.

Jadi kesimpulannya, Tab menyediakan Ribbon, Ribbon terdiri dari beberapa Group, dan Group terdiri dari sekumpulan menu yang memiliki kesamaan fungsi.

Jika diilustrasikan, berikut gambarannya:
interface ribbon word2010

Itulah yang membedakan antara interface word 2010 dengan versi sebelumnya. Dan jika kita teliti ternyata pada office 2010 tidak mengenal menu pulldown, atau istilah lainnya submenu. Sehingga untuk seterusnya jika laptop anda memakai office 2010 gunakanlah istila Tab, Ribbon, dan Group.

Comments

Popular posts from this blog

Mengenal Icon di tab References MS.Word 2010

Tips membuat garis lurus tidak miring word 2007

Booting dingin dan Booting panas